Blood Typed Namjadeul

Let’s Fly B1A4 !

Image

20 April, 2011. Timeline twitter dipenuhi dengan empat huruf “B1A4”. Semua teman-teman kpop lover membicarakan nama itu. Pertama, nama ini terdengar aneh untuk pertama kali. Kedua, I didn’t have any idea what on earth it was. Later I found, it was a name of a new rookie male group. Sempat ragu untuk cari tahu lebih lanjut siapa mereka (karena dulu masih sangat “setia” dengan SHINee ). Tapi, karena rasa penasaran, then I typed that name on Youtube search engine. And bam! This name came up as the first suggested video “B1A4 – OK (Full ver.)” and I was like “aahhh~” berlanjutlah dengan men-download video itu.  Pertama menonton music video mereka, sempet mengira mereka merupakan boyband not boygroup. Di Kpop, boyband itu adalah sekelompok cowok-cowok yang bermain alat-alat music, just like a band. Dan kalau boygroup, itu adalah cowok-cowok yang singing and dancing on stage.

Kembali ke benang merah, saat itu lah aku mengerti kenapa B1A4. B1A4 means “a group consists of one member with blood type B, and four members with blood type A.” genius isn’t it? Indeed.

23 April 2011 merupakan hari di mana mereka akhirnya debut untuk pertama kali di Music Core dengan single “OK” dan lanjut dengan mini fanmeeting setelah itu. Jujur, pada waktu itu masih dalam tahap menghafal nama-nama anggota mereka. B1A4, sebuah boybroup baru yang menggemparkan dunia per-kpop-an, yang berasal dari satu agency kecil. Mereka bukan siapa-siapa.

Jinyoung – leader-composer-producer-vocalist, CNU (read: Shinwoo/Shinu) – the oldest-vocalist-rapper, Sandeul-main vocalist, Baro-main rapper, Gongchan-maknae/the youngest-vocalist.

Jinyoung, CNU, Sandeul dan Gongchan memiliki golongan darah A, dan Baro golongan darah B. B1A4 debut dengan mini album berjudul “Let’s Fly”. Salah satu lagu di Let’s Fly adalah garapan sang leader B1A4, Jinyoung, yaitu Bling Girl. Sedikit kaget, karena tidak banyak boygroup baru yang bisa ikut berkontribusi dengan menciptakan lagu mereka sendiri di album debut pertama. Ditambah ada satu lagu dengan judul “Only Learned Bad Things”, yang diciptakan oleh soloist terkenal dari Korea, Wheesung ahjussi !😀 Lagu ini mampu menyihir pendengar untuk terus mendengarkan lagu tersebut berulang-ulang kali.

Lagi, B1A4 dapat menarik perhatianku, saat pertama kali melihat video fansign pertama mereka yang diambil oleh fans. Di fancam itu, B1A4 terlihat sangat friendly dengan fans mereka. Bukan hanya mengobrol, B1A4 bahkan mengajak fans mereka high five dan berpegangan tangan dengan fans. This was the first time I saw this kind of idols.

The born day of new baby BANA & It B1A4

31 Juli, 2011. Twitter dan fancafe kembali menjadi sangat ramai pada hari itu. Fancafe adalah sebutan untuk forum Korea resmi yang diurus langsung oleh perusahaan suatu group. Biasanya setiap group punya satu fancafe resmi. Di situlah B1A4 dapat berkomunikasi langsung dengan para fans di mancanegara, selain lewat Twitter. Pada hari itu, tepat 100 hari dari debut pertama B1A4, para fans dikejutkan dengan kehadiran Jinyoung, sang leader, yang online di fancafe dan meninggalkan pesan.

” Everyone, are you spending your weekends well??
In conjunction with our 100th day, I come with a sur~prise present!!
The members and I thought a lot about how all of you would like us to call you!!
Finally we got an answer!!!
It is it is it is it is.
.
.
.
.
.
BANA!!! I’ll explain the meaning behind it
BA(Us, B1A4) NA(Our fans!) put together meaning we have fallen for each other(BANADA)!
It means we have fallen for all of you
ㅋㅋㅋ
Because it is such a cute name, all our members are very happy about it!!
Do you guys like it??
So from now, can I call everyone BANA~~???”

Cheesy sebenernya, tapi kreatif . we finally have our official name, BANA🙂

5 September, 2011. Tepat di hari ulang tahun Baro, sebuah gambar mengejutkan dirilis di official homepage B1A4. Teaser foto. B1A4 merilis teaser foto untuk konsep mini album kedua mereka yang berjudul “It B1A4”. Sekali lagi, leader Jinyoung berkontribusi dalam proses pembuatan album dengan menyumbangkan satu lagu, Wonderful Tonight.

Lagu yang menjadi single B1A4 kali ini adalah Beautiful Target. Sebuah lagu yang memiliki ritme cepat dan memberikan kesan ceria dengan beragam efek unik dalam lagu.

The B1A4 I, Ignition & The B1A4 I, Ignition Special Edition

14 Maret, 2012. Setelah kurang lebih empat bulan hiatus , B1A4 kembali dengan full-length album pertama mereka berjudul “The B1A4 I: Ignition”. Ignition consists 11 songs. It was not that special right ? What special was when we knew that their main single for this comeback was composed, written, and produced by Jinyoung, himself. Not only one song, he composed 3 songs for this album. Tidak hanya itu, Jinyoung pun ikut turun tangan dalam memproduseri album ini.

Baro dan Sandeul juga mendapatkan kesempatan untuk memiliki lagu solo dalam album ini. Baro mendapat kesempatan berkolaborasi dengan Min dari Miss A, dan Sandeul mendapatkan satu lagu solo.

Baby I’m Sorry, menjadi main single B1A4 kali ini. B1A4 kembali dengan konsep yang lebih dewasa dan lebih dark. Sedikit berbeda dari konsep B1A4 yang sebelumnya karena selama ini B1A4 selalu hadir dengan konsep yang fun, ceria, dan colorful di atas panggung. Music video mereka pun kali ini dibuat lebih matang.

15 Mei, 2012. Selang dua bulan, B1A4 kembali menggemparkan dunia per-BANA-an dengan video call mereka untuk BANA. Satu persatu anggota B1A4 mengucapkan “selamat malam” untuk BANA lewat sebuah video call yang dirilis dari tanggal 15 Mei – 19 Mei setiap pukul 00.00 KST. Video call itu mereka rilis di official website mereka, ditambah dengan satu pesan singkat yang mereka tulis setelah video call selesai. Official website B1A4 pada saat itu di-design seperti bentuk sebuah smartphone, lalu kita diminta untuk menekan tombol “call” agar bisa mendapat video call dari B1A4. Sebuah teaser concept yang pintar, dan unik !

We didn’t have any ideas that the teasers would come out like that. It felt like you were really getting video calls from them. And the fact they recorded the teasers from their own cellphones, made it even more like real calls.

24 Mei, 2011. The Special Edition Album was released ! Menciptakan lagu sudah menjadi kebiasaan Jinyoung, karena lagi-lagi, sang leader berkontribusi.  The Special Edition sebenernya hampir sama seperti Ignition yang sebelumnya. Tapi kali ini ditambahkan dua lagu, yang menjadi lagu-lagu karya Jinyoung.

The main single was titled 잘자요 Goodnight or Baby Goodnight. The song was about a guy who told his girlfriend to off to bed early so he could go out, having fun, with his friends.

Stage act B1A4 kali ini sangat menghibur. Mereka mengusung konsep musical di panggung. Setelah bermain dengan konsep gelap, akhirnya B1A4 kembali ke “jati diri” mereka, dengan konsep fun, dan bermain di panggung. Mereka juga menambahkan berbagai tarian-tarian lucu dan baru di setiap penampilan tiap minggunya.

Kali ini lagu B1A4 menduduki posisi nomor #1 di beberapa online site Korea dalam beberapa minggu pertama, bersaing melawan Girls’ Generation, SISTAR dan group-group besar lain🙂. Tapi sayang, mereka belum bisa dapat piala di beberapa acara music Korea😦

BABA B1A4

Ini salah satu keunikan dari B1A4. BABA.

BABA itu adalah video-video selca B1A4 yang mereka share tidak rutin. Bisa sebulan sekali atau dua bulan sekali atau malah empat bulan sekali. BABA itu sangat lucu dan konyol. Ada video saat mereka sedang menyanyi di mobil, menari sambil memakai kostum-kostum di ruang latihan, dan lain-lain. Tapi sampai sekarang belum ada BABA baru yang dirilis. Terakhir BABA dirilis itu video B1A4 untuk BANA di hari ulang tahun B1A4 yang pertama.

Heartbreaking

Saat BANA dapet berita B1A4 sakit. Sandeul dari dulu bermasalah dengan mata, Jinyoung dengan penyakit enteritis, Shinwoo juga akhir-akhir ini bermasalah dengan mata. Puncaknya pada saat berita operasi Gongchan muncul ke permukaan.

Selama ini, BANA tidak pernah tahu kalau Gongchan ternyata punya penyakit bawaan yaitu penyakit ginjal. Channie dioperasi beberapa bulan lalu, yang mengharuskan salah satu ginjalnya diangkat. Menurut berita, Chan sudah merasa sakit semenjak awal kegiatan Baby Goodnight, dan tahan sampai beberapa bulan lalu dengan painkillers. Selama ini, dia selalu tersenyum di depan kamera dan bertingkah lucu, padahal dibalik senyum itu terdapat rasa sakit yang menyiksa.

Variety Shows, Musical, Radio DJ, etc

Beberapa bulan setelah mereka debut pada tahun 2011, B1A4 sudah mempunyai satu variety show, Match Up, bersama Block B. Variety Show ini menayangkan dua sisi yang berbeda antara dua male rookie group yang sama-sama debut tahun lalu. B1A4 digambarkan sebagai angels dengan lambang warna putih, sedangkan Block B digambarkan sebagai black angels dengan lambang warna hitam. Acara ini memiliki total 8 episode yang ditayangkan di MTV Korea.

Pada akhir episode, MTV mengadakan sebuah mini concert untuk masing-masing grup. Ini menjadi mini concert pertama yang dialami B1A4 sejak debut.

Setelah itu sedang marak nya acara Sesame Player, sebuah variety shows yang lebih dulu dilakukan oleh senior-senior B1A4 yaitu, MBLAQ dan Infinite yang ditayangkan di Mnet Korea. Pernah terucap di antara teman-teman BANA;

“B1A4 kalau ikut Sesame Player, lucu kali yaa?”, “Pasti seru banget!” dan lain-lain. Beberapa bulan kemudian B1A4 benar-benar ikut Sesame Player.

Awalnya, B1A4 sempat ikuti Guerilla Concert di Mnet, dan dari situ sudah terlihat tanda-tanda bahwa mereka bakal ikut Sesame Player. It lasted for 9 episodes. Tema Sesame Player B1A4 waktu itu adalah misi-misi mengumpulkan followers twitter sebanyak 200.000 followers masing-masing, dengan total 1.000.000 followers. Dan mereka berhasil.

Lagi, teman-teman BANA mengucapkan sesuatu dengan iseng waktu itu.

“Mau liat B1A4 di Hello Baby deh. Pasti lucu banget, mereka bocah-bocah ngurus bocah(?)” dsb.

Sangat dapat ditebak apa yang selanjutnya terjadi. Ya, B1A4 menjadi group yang berpartisipasi untuk Season 6 Hello Baby kali ini. Memang ini tadinya hanya rumor tapi karena rumor yang datang dari teman-teman K-BANA (Korean BANA) itu tidak pernah hanya sekedar rumor. The rumors came from them, usually turned into realities. Really.

Dan akhirnya, selamat datang Nam Hyunwoo & Jung Eunsol :’) B1A4’s “babies”.

B1A4 Hello Baby sampai saat ini sudah berjalan sampai episode 11 dan minggu depan merupakan episode terakhir :(  Sedih, karena beberapa bulan lalu, yang masih seperti kemarin, BANA teramat sangat excited dengan episode pertama  Hello Baby. But now, it will come to its end in less than 7 days.

Bukan hanya variety shows, B1A4 juga aktif dalam Musical, Radio DJ, dan acara-acara lain. Sandeul memulai karirnya dengan bermain sebagai Lee Joobong dalam musikal Korea populer Brothers Were Brave.

Baro juga memulai aktivitas lain sebagai DJ tamu di radio MBC Shimshimtapa. Setiap minggu bersama TRAX’s Jungmo, Baro menjadi DJ tamu di program radio yang memiliki DJ utama yaitu Shindong dari Super Junior.

Anggota B1A4 lain juga aktif di berbagai acara di televisi.

Prestasi B1A4 tidak hanya sampai di situ. Dalam waktu kurang lebih 1 tahun, B1A4 sudah menyanyikan dua lagu title original soundtrack untuk dua drama di SBS ( Yes, Captain! ) dan MBC ( The Thousandth Man ).Tidak banyak boygroup yang bisa ditawari untuk menyanyi lagu title original soundtrack untuk drama di tahun pertama mereka. Title OST, bukan hanya OST.  Lagu Sky untuk Yes, Captain! dan Hey Girl untuk The Thousandth Man.

SNSD & Wonder Girls

Baro and Gongchan are big fans of SNSD, and Sandeul is a big fan of Wonder Girls, Ye Eun. They even put SNSD’s big poster in their old dorm. End of Story.

The Sprouts Dance

Tarian ini termasuk trademark nya B1A4. The Sprouts Dance was originally found by Baro. Tarian ini ditampilkan di sebuah talk show, dan menjadi topik yang banyak dicari di Korea.

The Sprouts dance adalah sebuah tarian dengan gerakan aneh dan lucu. Kedua tangan di atas kepala, dengan kedua lutut ditempel, lalu goyangkan pinggul secara perlahan ke kanan-kiri. Jangan lupa ekspresi wajah harus datar, tidak boleh senyum apalagi ketawa. It’s freaking hilarious. You go try it.

Nicnames

Setiap masing-masing anggota B1A4 punya nicknames sendiri-sendiri, Sandeul dengan bebek, Baro dengan tupai, Jinyoung dengan rubah, CNU dengan beruang, dan Gongchan dengan dua nama, puppy atau dinosaurus.

Awards

B1A4 bukan berasal dari perusahaan agensi besar dan kaya. B1A4 tidak memiliki senior-senior yang dapat “mendongkrak” mereka saat mereka baru debut. Mereka cuma sendiri, dan ditemani oleh staff-staff dari WM Entertainment yang jumlahnya juga tidak banyak.

Akhir tahun biasanya menjadi moment penting bagi pendatang-pendatang baru di dunia Kpop. Karena di akhir tahun ada penghargaan yang disebut “Best Rookie Award” yang diberikan oleh beberapa acara penghargaan musik besar di Korea.

B1A4 merupakan group kecil jika dibandingkan dengan group-group pendatang baru lain yang datang dari perusahaan agensi yang “lebih besar”. Sesaat harapan untuk B1A4 memenangkan penghargaan pendatang baru terbaik tahun 2011 sempat hampir hilang karena rival-rival B1A4 memiliki “kekuatan” lebih besar.

Tapi, kenyataan berkata lain. B1A4 mampu meraih semua penghargaan pendatang baru terbaik 2011 dari semua acara penghargaan musik di Korea. Dari yang acara kecil sampai acara besar, seperti Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, Gaon Music Awards, dan masih banyak lagi. Satu pelajaran yang dapat diambil, bahwa jangan pernah meremehkan orang-orang kecil.😉

WM Entertainment and staff(s)

If I could say it, this agency is the best agency to me. Mereka genius, mereka sangat baik dan sangat memperhatikan kepentingan fans. In BANA, we’re not only fangirling over B1A4 members but we’re also fangirling over their managers.

Managers B1A4 itu bisa dikatakan memiliki wajah yang tampan.

Yang pertama Inro. Inro merupakan manager yang sudah menemani B1A4 dari awal mereka debut sampai tahun 2012. Dia sangat baik ke BANA. Pada waktu itu di Singapore atau Thailand, dia menyuruh B1A4 masuk ke pesawat di airport, lalu dia yang mengambil hadiah-hadiah dari BANA dan memberikan hadiah-hadiah itu langsung ke B1A4.

Kedua Dongju. Dia lebih lucu dari Inro. Tapi dia jarang kelihatan, dan akhir-akhir ini sering muncul. Dia meruapakan manager dengan tingkat di atas Inro.

Lalu Gwangshik. Manager baru B1A4 ini merupakan manager yang paling tampan di antara yang lain. Dia pertama kali terlihat saat mmenemani Baro menghadiri acara Dream Team. Later we found out, his name is Ahn Gwangshik. Jujur, dia benar-benar tampan. dia bisa menjadi anggota boygroup kalau dia mau.

Tidak mau kalah dengan B1A4, BANApun memiliki manager,yaitu Lee Seul. Dia fans manager di B1A4. Cantik dan lucu, juga baik. Anggota-anggota B1A4 suka mengerjai dia karena keimutannya.

Akhir-akhir ini beberapa manager baru sering terlihat bersama B1A4. Inro sudah jarang kelihatan dan tidak terlihat.

It just recently revealed that B1A4 just got their new dorm. Way bigger, nicer, tidier, and more magnificent that the old one. They got new sofa, bigger living room, kitchen, and tv plasma. Di dorm lama bisa dibilang dorm nya sangat kecil. TV lama mereka hanya merupakanTV kotak kecil.

Twitter

@_jinyoung911118 , @B1A4_CNU , @SANDEUL920320 , @BARO920905 , @B1A4_gongchan.

Dulu nama twitter Jinyoung sebenernya @B1A4_JINYOUNG, tapi waktu itu ada yang membajak twitter dia, dan Jinyoung harus membuat twitter baru.

Twitter adalah tempat para International BANA spamming mengenai B1A4 dengan mengirim mention ke mereka. B1A4 selalu melakukan hal-hal yang jarang dilakukan idols lain di Twitter. Dari mulai selcas, video, atau cuma mention saling ledek dengan member lain. Selca, atau video yang mereka tweet terkadang bukan sesuatu yang penting, malah terkadang tidak jelas.
Sandeul dan Baro merupakan anggota yang paling sering melakukan perang tweet atau sekedar tweet foto dan video yang lucu.

Beberapa twitter tambahan: WM Entertainment @WM_Ent, fan manager B1A4: Seullie onni @SRiZzi0905 , Inro hyung @INROAD55 , Dongju hyung @taejea81😉

BANA

Fandom ini sudah seperti keluarga. Banyak teman-teman dan keluarga baru. Tidak hanya sesama orang Indonesia tapi seluruh dunia. Juga tidak lepas dari peran K-BANA yang sangat welcome dan ramah terhadap BANA-BANA lain di seluruh dunia. K-BANA sempat mengatakan, bahwa mereka sangat berterima kasih kepada International BANA yang ikut mendukung B1A4 dan semoga semua BANA akan terus bersama mendukung B1A4. Sangat manis dan ramah. Mereka juga tidak segan-segan mengobrol bersama BANA International lewat twitter dan berbagi informasi walaupun harus menggunakan bahasa Inggris.

Satu lagi, salut dengan BANA. BANA merupakan fandom yang supportive. Tidak pandang favorite member mereka siapa, mereka akan mendukung member lain yang bukan favorite mereka.

Umur BANA dan B1A4 sudah lebih dari 1 tahun, dan semoga bisa terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya ♥

27 Juni, 2012. BANA mendapatkan logo sendiri, yaitu seperti di bawah ini:

Solo Concert

Akhir September kemarin, WM Entertainment mendadak mengumumkan kalau B1A4 akan menggelar solo concert pertama mereka. It will be held on 8-9 December, 2012. Shocked ? We were. I still am to be honest. Tidak pernah terlintas bahwa B1A4 akan mengadakan konser sendiri secepat ini. Well at least, next year? Tapi ternyata tidak. Akhir tahun ini.

Excited nya sudah terasa dari sekarang, padahal masih tiga bulan lagi. Mengenai detail lain menyangkut konser, akan dirilis WME tengah bulan ini. So just wait and see.

This is a picture of my B1A4 albums collection

So, this is my little story about B1A4 and BANA. Are you interested in them, and want to join in this “family” ? You’re always welcome here😉

* Jinyoung fancafe message English translation cr : Chrestos @ FLIGHTB1A4.com

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s